• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Saturday, 25 May 2024

6 Cara Agar Terbebas Dari Utang Riba

6 Cara Agar Terbebas Dari Utang Riba
Bagikan
--Advertisements--

BAGAIMANA cara agar terbebas dari jeratan utang riba? Bagaimana ikhtiar yang harus kita lakukan agar segera lepas dari riba? Motivator Parenting dari Rumah Pintar Aisha, Randy Ariyanto W., menjelaskan sebagai berikut.

1. Cara agar Terbebas dari Utang Riba: Minta tolong kepada Allah

Kita harus mengakui bahwa tindakan kita itu dosa. Kita harus mengakui bahwa kita benar-benar butuh Allah. Kita benar-benar membutuhkan pertolongan-Nya.

Memohonlah kepada Allah dengan sungguh-sungguh disertai penyesalan atas dosa yang kita lakukan. Siapa yang menyelesaikan masalah, bukan diri kita tetapi Allah-lah yang menyelesaikannya.

BACA JUGA:

Tugas kita adalah berikhtiar dan menjalani. Jadi minta kepada Allah:

“Ya Allah, aku ingin keluar dari jerat riba, tolong bantu aku, ya Allah. Tolong aku. Berilah aku petunjuk apa yang harus aku lakukan agar terbebas dari utang riba.”

2. Cara agar Terbebas dari Utang Riba: Memutuskan untuk membayar utang riba secepatnya

Kita harus memiliki niat untuk segera melunasi utang riba. Niat kita untuk melunasi utang riba itu sangatlah mulia. Ada banyak orang yang tidak mau melunasi utang.

Ada banyak orang yang masih enjoy, tidak khawatir, tenang-tenang saja padahal ia sedang berutang riba.

Kalau ga riba, ga punya? Perbuatan Setara Zina, Cara agar Terbebas dari Utang Riba

Jadi saat kita berniat melunasi utang riba, itu adalah niat yang mulia dan Allah akan mudahkan saat kita berniat dengan tujuan mulia.

Jika kita kesulitan mencicil tagihan utang, misalnya 5 juta dan pekan depan harus segera dibayarkan sedangkan kita saat ini sedang tidak punya uang maka katakanlah:

“Ya Allah aku harus membayar cicilan 5 juta pekan depan sedangkan hari ini aku belum memilikinya. Ya Allah tolonglah aku, bantu aku. Mudahkan aku mendapatkan rezeki-Mu sehingga aku bisa membayar cicilan utangku pekan depan”.

3. Cara agar Terbebas dari Utang Riba: Menjadi ahli istighfar

Allah berjanji jika kita banyak mendawamkan istighfar dengan sungguh-sungguh, melibatkan perasaan, maka Allah akan memberikan kita jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi.

Bahkan Allah akan memberikan rezeki kepada diri kita dari arah yang tidak kita sangka-sangka.

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad)

4. Cara agar Terbebas dari Utang Riba: Ridho akan ketentuan Allah

Kalau misalnya kita harus menerima berbagai ujian karena dosa kita maka hati harus ridho. Diri kita harus menerimanya.

Katakan, “Ya Allah aku ridho dengan apapun yang terjadi pada diriku hari ini. Aku menerima takdir-Mu ini. Aku hamba-Mu yang cinta kepada-Mu. Aku menerima apapun yang menjadi kehendak-Mu.”

5. Cara agar Terbebas dari Utang Riba: Berikhtiar

Selain ikhtiar langit, kita juga harus melakukan ikhtiar bumi semampu yang bisa kita lakukan. Mulailah dulu untuk berikhtiar melunasi utang riba nanti Allah yang akan menyempurnakan.

6. Cara agar Terbebas dari Utang Riba: Terakhir rutinkan sedekah subuh, semampunya dan seikhlasnya.

Di dalam Alquran dan hadis Rasulullah terdapat banyak ayat maupun dalil mengenai sedekah. Salah satunya tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 195 dengan arti sebagai berikut:

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik,” (QS. Al-Baqarah : 195).

Cara agar Terbebas dari Utang Riba

Ada banyak bentuk sedekah, salah satunya sedekah subuh. Sesuai namanya, sedekah subuh adalah amalan sedekah yang ditunaikan pada waktu khusus, tepatnya saat subuh.

Praktiknya sama dengan bersedekah pada umumnya, yaitu memberi sesuatu, baik dalam bentuk harta maupun nonharta, kepada orang yang membutuhkan dan berhak menerimanya.

Hal tersebut sesuai dengan yang tertulis dalam Hadits Riwayat Shahih Muslim Nomor 171:

“Seorang pria mendatangi Rasulullah dan bertanya: Wahai Rasulullah, sedekah yang bagaimanakah yang paling afdol? Maka Beliau menjawab: Kamu bersedekah saat sehat, kikir, takut miskin, dan kamu berangan-angan untuk menjadi hartawan yang kaya raya. Dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan dan barulah kamu bagi-bagikan sedekahmu, ini untuk si fulan dan ini untuk fulan. Dan ingatlah pada saat di ujung nyawa seperti itu, harta memang untuk si fulan (yakni yang akan diwariskannya)” (HR. Shahih Muslim).

Itulah enam cara agar terlepas dari utang riba. Yang terpenting adalah berniat untuk melunasinya dan berikhtiar untuk tidak lagi berutang, apalagi melalui jalan riba. []

SUMBER: CHANEL MUSLIM

Source link

--Advertisements--
Sebelumnya8 Adab Buang Air KecilSesudahnyaPerjalanan Bayi Musa Hingga Tiba Di Istana Fir’aun
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M