• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Thursday, 2 May 2024

Salah Satunya, 6 Hari Di Bulan Syawal, Inilah Macam-macam Puasa Sunnah

Salah Satunya, 6 Hari Di Bulan Syawal, Inilah Macam-macam Puasa Sunnah
Bagikan
--Advertisements--

ADA beberapa macam puasa sunnah. Apa saja?

1. Puasa Sunnah Bulan Muharam

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

Puasa Asyura (10 Muharam)

Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162).

Puasa Tasua (9 Muharam)

Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau mengatakan,

“Apabila tiba tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki)- kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan: “Belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim no. 1134)

2. Puasa Sunnah Bulan Sya’ban

Aku tidak pernah melihat Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- berpuasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan. Aku tidak pernah melihat beliau banyak puasa dalam sebulan selain pada bulan Sya’ban.” (HR. Muslim no. 1156)

BACA JUGA:  Ini 6 Manfaat Puasa Sunnah Senin dan Kamis

3. Puasa Sunnah Bulan Zulhijjah

9 Hari pertama Zulhijjah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Daud no. 2437 dan An-Nasa’i no. 2374. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

9 Zulhijjah
Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.”

4. Puasa Syawal

6 hari di bulan Syawal

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

5. Puasa Sunnah Senin Kamis

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747

Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

BACA JUGA: Keutamaan Puasa Sunnah Syawal

6. Puasa Sunnah Ayyaumul bidh (3 hari pada pertengahan bulan Hijriyah)

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] mengerjakan shalat Dhuha, [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.”(HR. Bukhari 1178)

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).”(HR. At-Tirmidzi no. 761)

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.”(HR. Bukhari 1979)

Wallahu a’lam bi showab. []

Source link

--Advertisements--
SebelumnyaHaflah Tilawatil Quran: Perayaan Semarak Syiar Al-QuranSesudahnyaHukum Mengakhirkan Shalat
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M