• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Monday, 17 June 2024

Waktu Shalat Dhuha, Kapan?

Waktu Shalat Dhuha, Kapan?
Bagikan
--Advertisements--

Perbedaan antara shalat Isyraq dan shalat Dhuha

Shlat isyraq adalah shalat dhuha di awal waktunya. Bukan dua shalat yang berbeda. Dinamakan hal itu karena dilakukan setelah matahari terbit dan meninggi.

Syekh Bin Baz rahimahullah mengatakan, “Shalat Isyroq adalah shalat Dhuha di awal waktu. (Majmu Fatawa Syekh Bin Baz, 11/401).

Kapan mulai waktu shalat Dhuha

Waktu shalat Dhuha dari senjak matahari terbit dan meninggi sampai sebelum waktu shalat Zuhur. Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah memperkirakan seperempat jam setelah terbit matahari sampai sepuluh menit sebelum shalat Zuhur (As-Syarhul-Mumti, 4/122).

Semua waktu ini adalah waktu untuk shalat dhuha .

Waktu terbaik untuk melakukan shalat Dhuha

Waktu terbaik untuk shalat adalah ketika sinar matahari telah panas, berdasarkan sabda Nabi sallallahu’alaihi wa sallam:

صلاة الأوابين حين ترمض الفصال (رواه مسلم، رقم 748)

“Shalat awwabin (orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah) adalah ketika anak-anak unta kepanasan.” (HR. Muslim, 748)

Kata ‘الفصال’ maknanya adalah anak-anak unta. Dan arti ‘ترمض’ adalah ketika telah panas. Yaitu panasnya matahari. (Fatawa Syekh Bin Baz, 11/395).

BACA JUGA: 6 Keutamaan Shalat Dhuha yang Disebutkan Nabi

Para ulama memperkirakan (waktu utama tersebut) setelah berlalunya seperempat siang atau waktu pertengahan antara terbitnya matahari dan shalat Zuhur. (Silahkan meliha Al-Majmu’, karangan An-Nawawi, 4/36 dan Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyah, 27/224).

Wallahu a’lam. []

Source link

--Advertisements--
SebelumnyaHukum Mengakhirkan ShalatSesudahnyaSyarat Sujud Syukur, Adakah? (1)
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M