• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Saturday, 27 July 2024

Ketika Allah Berbicara Dengan Nabi Musa

Ketika Allah Berbicara Dengan Nabi Musa
Bagikan
--Advertisements--

ALLAH berbicara dengan Nabi Musa dalam Surah Thaha (20) ayat 17-21:

وَمَا تِلْكَ بِيَمِيْنِكَ يٰمُوْسٰى (17) قَالَ هِيَ عَصَايَۚ اَتَوَكَّؤُا عَلَيْهَا وَاَهُشُّ بِهَا عَلٰى غَنَمِيْ وَلِيَ فِيْهَا مَاٰرِبُ اُخْرٰى (18) قَالَ اَلْقِهَا يٰمُوْسٰى (19) فَاَلْقٰىهَا فَاِذَا هِيَ حَيَّةٌ تَسْعٰى (20) قَالَ خُذْهَا وَلَا تَخَفْۗ سَنُعِيْدُهَا سِيْرَتَهَا الْاُوْلٰى(21)

“Apakah itu yang ada di tangan kananmu, hai Musa?” Berkata Musa, “Ini adalah tongkatku, aku bertelekan padanya, dan aku pukul (daun) dengannya untuk kambingku, dan bagiku ada lagi keperluan yang lain padanya.” Allah berfirman, “Lemparkanlah ia, hai Musa!” Lalu, dilemparkanlah tongkat itu, maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. Allah berfirman, “Peganglah ia dan jangan takut. Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula.”

Para ulama mengatakan bahwa kambingnya Nabi Musa a.s. kecil-kecil sehingga mulut mereka tidak mampu untuk menjangkau daun yang berada di atas pohon. Maka, Nabi Musa pun mencarikan dedaunan untuk kambing-kambing tersebut dengan cara memukulkan tongkatnya di pohon, atau mengaitkan ujung tongkatnya yang melengkung di dahan kemudian menggoyang-goyangkannya agar daun-daunnya berjatuhan, atau menarik dan menjatuhkan daun tersebut langsung dengan tongkatnya.

BACA JUGA: Nabi Musa dan Seorang Lelaki yang Tertolak Doanya

Allah tentu Mahatahu tentang apa yang ada di tangan kanan Nabi Musa. Akan tetapi, Allah tetap bertanya dengan tujuan hikmah-Nya sendiri. Berikut sebagian hikmah yang berusaha disimpulkan oleh para ulama terkait pertanyaan dalam ayat tersebut:

Pertama, untuk membuat Nabi Musa menoleh dan memerhatikan kembali tongkat yang ia bawa sehingga beliau benar-benar memastikan bahwa tongkat yang biasa ia bawa itu tidaklah berubah, ia masih berupa tongkat dari kayu biasa. Jadi, Nabi Musa benar-benar yakin bahwa apa yang akan Allah tunjukkan padanya, berupa perubahan tongkatnya menjadi ular, adalah benar-benar mukjizat dari Allah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

yusuf. Istimewanya Belajar di Al-Azhar Mesir, Fakta Nabi Harun, Lokasi Makam Nabi Yusuf, Masyitoh, Nabi Musa,, Samiri, Kisah Israiliyat
Foto: Pinterest

Dan juga, agar dengan menyaksikan tongkat kayunya yang setelah dilempar tiba-tiba seketika berubah menjadi ular, dan ketika ditangkap seketika menjadi tongkat kayu kembali, beliau semakin yakin bahwa Hari Kiamat yang baru saja disebutkan sebelumnya, dengan segala kejadian luar biasa yang akan terjadi padanya, adalah sangat mudah bagi Allah.

Menerbitkan matahari seketika dari barat, menggulung langit-langit, melipat-lipat bumi yang berlapis-lapis, menerbangkan gunung-gunung bak kapas, dan selainnya adalah hal yang amat mudah bagi Allah. Allah berfirman dalam Surah An-Nahl (17) ayat 40:

اِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْءٍ اِذَآ اَرَدْنٰهُ اَنْ نَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ ࣖ

Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya “Kun (jadilah)” maka jadilah ia.

Kedua, Nabi Musa ketika itu datang sendiri di tengah-tengah gelapnya malam yang dingin serta meninggalkan keluarganya yang kedinginan di arah lainnya. Ini tentu mempengaruhi mental Nabi Musa ketika itu, terlebih ketika tiba-tiba beliau tahu bahwa cahaya tersebut adalah cahaya Allah dan bahwa ia akan berbicara langsung dengan-Nya.

Pertanyaan tentang tongkat Nabi Musa ini sebagai bentuk kelembutan Allah kepada beliau untuk menghangatkan suasana ketika itu dan menumbuhkan ketenangan dalam hati beliau. Terlebih tongkat tersebut adalah benda yang disukai dan banyak membantu Nabi Musa selama ini, dan seseorang pasti senang jika lawan bicaranya memerhatikan hal-hal yang ia anggap berharga dan penting.

Ini adalah pelajaran bagi para pendakwah agar terlebih dahulu memberikan pendahuluan yang menenangkan dan menggembirakan audiens yang hadir dan agar ia tidak langsung masuk kepada inti materinya.

Ketiga, Ia sebagai isyarat agar Nabi Musa semakin terlatih dengan tongkatnya yang kelak akan menjadi perantara berbagai mukjizat yang Allah anugerahkan kepada beliau, seperti berubah menjadi ular, membelah lautan, dan mengeluarkan mata air dari bebatuan. Karenanya disebutkan bahwa, di kali pertama, Nabi Musa tampak terkejut dan ketakutan melihat apa yang terjadi dengan tongkatnya. Allah berfirman dalam Surah An-Naml ayat 10:

وَاَلْقِ عَصَاكَ ۗفَلَمَّا رَاٰهَا تَهْتَزُّ كَاَنَّهَا جَاۤنٌّ وَّلّٰى مُدْبِرًا وَّلَمْ يُعَقِّبْۗ يٰمُوْسٰى لَا تَخَفْۗ اِنِّيْ لَا يَخَافُ لَدَيَّ الْمُرْسَلُوْنَ ۖ

“Dan lemparkanlah tongkatmu!” Maka, tatkala (tongkat itu menjadi ular dan) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti dia seekor ular yang kecil, larilah ia berbalik ke belakang tanpa menoleh. “Hai Musa, janganlah kamu takut. Sesungguhnya orang yang dijadikan rasul, tidak takut di hadapan-Ku”.

Perjuangan Salman Al-Farisi mencari Islam sangat berat, Fakta Nabi Musa, firaun, Nabi Musa, Tongkat Nabi Musa, Masyitoh, syekh, Nabi Musa, Firaun,,, Nabi Musa, Piramida, Fira, Musa
Foto: Pinterest

Lalu, bagaimana cara kita menggabungkan dua ayat ini? Para ulama mengatakan dalam menggabungkan dua ayat ini bahwasanya ular tersebut kepalanya besar akan tetapi gerakannya lincah seperti ular yang kecil.

Terkait ucapan Nabi Musa bahwa ada beberapa kegunaan lain dari tongkatnya, maka tidak ada dalil yang sahih dan jelas yang menyebutkan kegunaan-kegunaan lain tersebut secara spesifik.

BACA JUGA: Kisah Nabi Musa Tinggalkan Mesir, Menikah, dan Tiba di Bukit Tursina

Namun, beberapa ulama mencoba menyebutkan beberapa kegunaan yang masuk akal, misalnya sebagai sutrah shalat, untuk menggiring hewan, alat untuk membantu berjalan di medan yang sulit, untuk memeriksa sesuatu yang terkesan berbahaya dari kejauhan, untuk bernaung dengan mengikatkan kain padanya, untuk menjauhkan benda yang dekat dan mendekatkan benda yang jauh, untuk menutup pintu, menghalau hewan-hewan yang mengganggu, dan seterusnya.

Sebagian ahli tafsir lainnya membawakan kisah-kisah Israiliyyat yang tidak diketahui kevalidannya terkait hal ini, seperti tongkat tersebut di malam hari dapat berubah menjadi lampu, tongkatnya dapat dengan sendirinya menjaga kambing Nabi Musa ketika beliau beristirahat, tongkatnya jika ditancapkan ke tanah dapat seketika berubah menjadi pohon yang rindang naungannya, dan lain sebagainya.

Semua keterangan ini tidaklah boleh diyakini kebenarannya hingga terjelaskan kevalidan kisah-kisah tersebut. Terlebih lagi, faktanya Nabi Musa terkaget ketika pertama kali melihat tongkatnya berubah menjadi ular. Ini menunjukkan bahwa tidak pernah ada hal ajaib yang sebelumnya terjadi pada tongkat tersebut.[]

SUMBER: PUSAT STUDI QURAN

Source link

--Advertisements--
SebelumnyaKeutamaan Ali Bin Abi ThalibSesudahnyaMengkaji problematika masa depan
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M