• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Tuesday, 16 July 2024

Cara Membentengi Diri Sesuai Al-Qur’an Dan Sunnah

Cara Membentengi Diri Sesuai Al-Qur'an Dan Sunnah
Bagikan
--Advertisements--

Cara Membentengi Diri Sesuai Al-Qur'an dan Sunnah 1 Cara Membentengi DiriBAGAIMANA cara membentengi diri sesuai Al-Qur’an dan Sunnah?

Setiap orang mempunyai qorin, baik dari kalangan jin ataupun malaikat sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Qaf ayat 23 dan 27. Tak ada qorin dari kalangan jin melainkan selalu menunjukkan ke jalan keburukan. Namun tidak bagi qorin Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Tiada seorang pun dari kamu melainkan disertai pendamping (qarin/teman setan) yang mendampinginya. Mereka bertanya, “Juga termasuk engkau, ya Rasulullah?” Beliau menjawab ya, hanya saja Allah membantuku dalam menghadapinya; akhirnya ia masuk Islam, maka ia tidak memerintahkan kepadaku kecuali hanya kebaikan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Setan selalu bercokol di pembuluh darah anak Adam. Apabila berzikir maka ia pun akan bersembunyi, dan bila lalai/ lupa maka setan pun akan kembali menggodanya. (Tafsir Ibnu Katsir QS. An-Nas). Dan begitu seterusnya.

Berpijak dari sini maka tak heran bila hati itu cenderung lebih banyak negatif daripada positifnya. Terkadang tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba marah, benci, ataupun sedih yang berakibat buruk terhadap interaksi dengan orang sekitarnya.

Saat hendak melakukan ibadah, setan menimbulkan rasa was-was. Serasa buang angin, dibuatnya menjadi khawatir tidak sah, takut salah dan sebagainya. Oleh karena itu Rasulullah memerintahkan kita senantiasa membentengi diri dengan selalu berdzikir di setiap keadaan kecuali saat buang hajat/ di tempat WC.

BACA JUGA: 5 Cara Agar Sukses Dunia Akhirat

Allah berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (QS Al Ahzab 41-42)

Aisyah berkata,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ اللَّهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdzikir kepada Allah dalam setiap keadaannya.” [HR Muslim 3730]

Banyak doa dan dzikir perlindungan yang terdapat dalam Al-Qur’an ataupun hadits yang dikumpulkan/ dibukukan dalam buku kecil sehingga mudah dibaca atau dihafalkan.

Cara Membentengi Diri
Foto: Freepik

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Dzikir pagi dan petang seperti baju besi, semakin bertambah ketebalannya maka pemiliknya semakin tidak terkena (bahaya). Bahkan kekuatan baju besi itu bisa sampai memantulkan kembali anak panah sehingga berbalik mengenai pemanahnya sendiri.”

BACA JUGA: Inilah Hal yang Bisa Membentengimu dari Maksiat

Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Kenakanlah pakaian dzikir agar menjaga kalian dari kejelekan-kejelekan manusia dan jin, Selimutilah ruh-ruh kalian dengan istighfar, supaya menghapus dosa-dosa siang dan malam. Apabila ada sesuatu yang kalian benci menimpa kalian, maka kalian akan ridha dan kalian akan yakin bahwa itu merupakan kebaikan yang ditaqdirkan untuk kalian oleh Rabb kalian, karena kalian telah berlindung kepada Allah.” (Al-Waabil ash-Shayyib min al-Kalim at-Thayyib, 71)

Semoga Allah memberikan taufik untuk senantiasa bisa membentengi diri dengan zikir dalam setiap keadaan.
Wallahu a’lam bi showab. []

Source link

--Advertisements--
SebelumnyaTata Cara Shalat Dhuha - IslamposSesudahnyaApa Dalil Yang Disimpulkan Soal Larangan Memukul Kedua Orangtua?
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M