• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Saturday, 18 May 2024

Harta Haram (As-Suhti) Dan Risywah

Harta Haram (As-Suhti) Dan Risywah
Bagikan
--Advertisements--

Cara Menjadi Orang Kaya, Pekerjaan Haram, rezeki, istri boros, Keutamaan Sedekah, ilmu ekonomi islam, Pintu Rezeki, Ciri Rezeki Berkah, Adab Menangih Utang, Surga, Harta Haram
Foto: Freepik

سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

“Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka) maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.”

Pada ayat ini, Allah menyebutkan lagi sifat-sifat orang Yahudi Bani Israil, di antaranya adalah:

Firman Allah:

مّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ

“Mereka sangat suka mendengar berita bohong”

BACA JUGA: Hukum Sedekah dengan Harta yang Haram

Orang-orang Yahudi suka mendengarkan berita bohong tentang Rasulullah ﷺ dan agama Islam. Imam Al-Qurthubi menafsirkan bahwa mereka suka mendengar ceramah Nabi ﷺ dalam rangka untuk mencari-cari celah kesalahan untuk mendustakan beliau. Seperti itu sifat mereka.

Selanjutnya firman Allah:

اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ

“Banyak memakan (makanan) yang haram”

Di antara ciri mereka adalah suka memakan makanan yang haram. Di dalam bahasa Arab, as-suhti bermakna al-isti’shal, “menghabiskan”, tidak menyisakan sesuatu atau menghancurkan.

Ekonomi Sirkular, Perpajakan, Harta Haram
Foto: Unsplash

Kata itu sebagaimana firman Allah tentang ucapan Nabi Musa kepada para penyihir yang tercantum dalam Surah Thaha (20) ayat 62:

فَتَنَازَعُوْٓا اَمْرَهُمْ بَيْنَهُمْ وَاَسَرُّوا النَّجْوٰى

“Celakalah kamu! Janganlah kamu mengada-adakan kedustaan terhadap Allah, nanti Dia membinasakan kamu dengan azab.”

Mengapa Harta Haram Disebut As-Suhti?

Disebutkan dalam hadis Nabi ﷺ, “Tidaklah bertambah daging yang tumbuh dari harta yang haram kecuali neraka lebih layak untuknya.” (HR. At-Tirmidzi No. 614 dan dinyatakan sahih oleh Al-Albani)

Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa harta haram disebut dengan as-suhti karena harta tersebut akan menghabiskan ketaatan-ketaatan kepada Allah.

Sungguh mengerikan perbuatan orang yang suka memakan harta yang haram karena, jika seseorang sering memakan makanan atau harta yang haram, ketaatannya berpotensi tidak diterima oleh Allah.

Bahkan, doanya juga tidak diterima oleh Allah. Hal ini sebagaimana hadis populer dari Abu Hurairah yang beliau berkata, “Kemudian Rasulullah ﷺ menyebutkan tentang seseorang yang melakukan perjalanan yang jauh. Keadaannya kusut dan berdebu. Lalu, dia menengadahkan kedua tangannya ke arah langit dan berkata, ‘Wahai Rabbku, Wahai Rabbku’. Ternyata, makanannya dari hasil yang haram, minumannya adalah haram, pakaiannya dari hasil yang haram, dan dia kenyang dari hasil yang haram. Maka, bagaimana akan dikabulkan doanya?” (HR. Muslim No. 1015)

BACA JUGA: Harta Haram di Akhir Zaman

Rasulullah ﷺ menegaskan tentang doa yang tidak dikabulkan oleh Allah karena makanan yang haram. Seperti itu pula halnya orang yang hendak pergi menunaikan haji atau umrah dari sumber harta yang haram, memakai baju dari harta yang haram, juga hal lainnya dari sumber yang haram. Hasil yang haram ini dinamakan as-suhti karena mampu menghabiskan ketaatan-ketaatan seorang hamba.

Sebagian ulama menafsirkan makna as-suhti dengan ar-risywah “suap” atau sogokan. Artinya, orang-orang Yahudi suka memakan uang suap. Sedangkan, Nabi ﷺ bersabda, “Allah melaknat orang yang menyuap dan disuap.” (HR. Ahmad No. 9023)

Imam Al-Qurthubi menjelaskan tentang as-suhti, “Contohnya seperti seseorang yang punya kedudukan di sisi penguasa, kemudian ada yang meminta keperluan dengannya. Tetapi, dia tidak mau mengurus keperluan itu kecuali dengan sejumlah uang suap yang diambilnya. Tidak ada khilaf di kalangan para salaf bahwa mengambil risywah (suap) untuk membatalkan sesuatu yang benar atau untuk perkara yang tidak dibolehkan adalah haram.”

Apakah semua risywah itu haram?

Imam Al-Qurthubi berkata, diriwayatkan dari Wahb bin Munabbih bahwa beliau ditanya, “Apakah uang suap itu haram?” Beliau menjawab, “Tidak, hanya saja yang diharamkan adalah engkau menyuap agar sesuatu yang bukan menjadi hakmu itu diberikan atau engkau bebas dari kewajiban yang harus engkau tunaikan. Adapun jika engkau menyuap agar engkau bisa meraih hakmu yang berkaitan dengan agamamu, hak diri dan hartamu, maka ini tidak haram.”

Di antara contoh risywah (suap) adalah dalam kasus pendaftaran sekolah yang terbuka untuk umum dengan cara seleksi. Lalu, ada yang sebenarnya tidak lolos seleksi tetapi karena dia menyuap pihak sekolah maka dia diloloskan dan diterima. Begitu pula halnya dalam hal melamar kerja. Termasuk pula dalam pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi). Jika seseorang tidak mampu mengemudi dengan benar maka seharusnya ia tidak berhak menerima SIM tersebut. Namun, karena dia menyuap, akhirnya dia memperoleh SIM.

Contoh lainnya seseorang dikenai kewajiban membayar yang nilainya mahal untuk ia mendapatkan hak tertentu. Supaya nilainya berkurang atau bahkan tidak membayar sama sekali, maka dia pun memberi uang suap kepada pihak tertentu sehingga dia mendapatkan hak tersebut. Ini juga termasuk perbuatan suap yang diharamkan. Semua tindakan untuk mengambil sesuatu yang bukan termasuk haknya itu tidak diperbolehkan.

Praktik suap termasuk ciri orang Yahudi. Mengonsumsi dari hasil yang demikian ini sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang, termasuk dalam hal ibadahnya. Bisa jadi sebagian orang rajin beribadah, shalat, berhaji, umrah, dan yang lainnya tetapi ternyata dari hasil suap atau hal haram lainnya.

Adapun bentuk suap yang tidak haram adalah misalnya seseorang mengurus sesuatu/perizinan, yang dia telah memenuhi seluruh syarat dan aturannya, tetapi ternyata dia dipersulit. Ada pihak yang sengaja mencari kesempatan, menambahkan syarat-syarat yang mengada-ada dengan tujuan sengaja mempersulit sehingga tidak ada jalan lain untuk mendapat haknya tersebut kecuali dengan suap. Khusus dalam kondisi semacam ini, suap dibolehkan. Bahkan, itu termasuk praktik pemerasan, yang tidak diridhai olehnya tetapi dipaksakan oleh pihak lain. Namun, apabila dia bisa menghindari untuk tidak terlibat dengan hal tersebut, maka itu lebih baik.

Hendaknya seseorang bersikap jujur di hadapan Allah. Jika dia memang tidak mampu memenuhi persyaratannya, Janganlah dia menyuap. Lain hanya kalau itu memang sejatinya merupakan haknya.

BACA JUGA: 8 Dampak Buruk Harta Haram

Kemudian, firman Allah:

فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ

“Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamumu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun tetapi jika engkau memutuskan perkara mereka maka putuskanlah dengan adil”.

 

Allah memberitahukan kepada Nabi ﷺ bahwa jika orang-orang Yahudi datang dalam suatu perkara agar beliau memberikan putusan hukuman kepada mereka, maka terserah beliau untuk memberikan putusan hukuman kepada mereka atau tidak.

Jika Nabi Muhammad ﷺ berpaling dan tidak memberikan putusan hukuman kepada mereka maka mereka sama sekali tidak akan memudaratkan beliau. Mereka hanyalah orang-orang Yahudi yang tidak beriman kepada Nabi ﷺ.

Namun, jika Nabi Muhammad ﷺ mau memberikan putusan hukuman bagi mereka, maka Allah memerintahkan beliau agar memberikan hukuman yang adil, benar, dan tidak mengikuti hukum mereka. Orang-orang Yahudi mempunyai hukum sendiri tapi jika mereka datang kepada Nabi ﷺ meminta putusan hukuman, maka hendaklah mereka dihukum sesuai dengan syariat Allah.

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.” []

SUMBER: PUSAT STUDI QURAN 

Source link

--Advertisements--
SebelumnyaNasihat Ulama: Kunci Kebahagiaan Menurut Syekh Ali At-ThanthawiSesudahnyaHukum Makan Sambil Berdiri - Islampos
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M