• Selamat datang di Masjid Agung Syekh Quro Karawang
Monday, 6 May 2024

Abu Bakar Dan Rasulullah – Islampos

Abu Bakar Dan Rasulullah - Islampos
Bagikan
--Advertisements--

Suatu hari, Abu Bakar meminta Rasulullah ﷺ secara mendesak agar mau menemani keluar dari rumah Al-Arqam menuju Masjidil Haram. Namun, Rasulullah melihat, jumlah orang-orang Islam masih sedikit. Tidak akan mampu berhadapan dengan orang-orang musyrik.

Rasulullah kemudian mengajak orang-orang Islam dan memerintahkan mereka agar menempati setiap sudut Masjidil Haram bersama keluarga masing-masing, agar ada yang melindungi.

Abu Bakar lalu berdiri menyeru kepada seluruh Masjidil Haram agar memercayai Allah. Sementara Rasulullah duduk, mengamati.

BACA JUGA: 2 Gelar Abu Bakar

Penduduk Mekah terperangah melihat tindakan Abu Bakar. Mereka memandang khutbahnya sebagai tantangan terbuka. Mereka benar-benar tersulut kemarahan. Kemudian, dengan beringas, mereka menyerang Abu Bakar dan Muslim lainnya yang ada di setiap sudut Masjidil Haram.

Mereka mengeroyok Abu Bakar. Memukul dan menginjak-injak. Utbah bin Rabiah memukul wajah Abu Bakar dengan sandal hingga lebam sampai-sampai antara hidung dan luka lebam Tak ada bedanya.

Uzair Salman al-Farisi, Hasan dan Husein, Abu Bakar
Foto: Pinterest

Aksi pengeroyokan itu sampai ke telinga Bani Taim, kabilah asal Abu Bakar. Mereka segera menuju Masjidil Haram untuk menyelamatkan Abu Bakar. Di sana, mereka mengancam: jika Abu Bakar sampai meninggal dunia, mereka tak segan membunuh Utbah bin Rabiah sebagai pembalasan.

Abu Bakar tak sadarkan diri. Melihat kondisi menyedihkan itu, Bani Taim menduga jika Abu Bakar akan meninggal dunia. Mereka kemudian membawa Abu Bakar ke rumahnya.

Ayah ibunya, Abu Quhafah dan Ummu Al-Khoir, menyambut histeris kedatangan anak mereka. Seluruh keluarga Abu Bakar bersedih. Mereka berkumpul dan mengusap pelupuk mata Abu Bakar seraya berharap ia tidak meninggal dunia. Mereka mengajak Abu Bakar berbicara berharap ia mendengar dan membalas ucapan mereka.

Menjelang sore, Abu Bakar baru siuman. Seluruh keluarga bergembira. Namun kegembiraan mereka hanya sebentar untuk kemudian berganti kaget, saat mereka mendengar kata-kata pertama yang diucapkan oleh Abu Bakar: “Apakah Rasulullah baik-baik saja?”

Tidak ada yang menjawab pertanyaan Abu Bakar. Mereka kemudian meminta Ummu Al-Khoir untuk menyuapi makanan kepada anaknya tersebut. Namun, Abu Bakar menolak. Ia tidak mau makan kecuali ibunya mau mengabarkan keadaan Rasulullah.

“Sungguh! Kami tidak tahu keadaan sahabatmu itu!” jawab Ummu Al-Khoir.

“Ibu! Tolong, temuilah Jamil bint Al-Khattab dan tanyakan padanya tentang keadaan Rasulullah!”

Ummu Jamil kemudian datang dan kaget melihat kondisi Abu Bakar.

“Benar-benar bejat orang yang memperlakukanmu seperti ini!” kata Ummu Jamil. “Semoga Allah membalas mereka.”

Abu Bakar hanya mampu membuka mata sedikit. Bicaranya pelan dan lirik. “Bagaimana keadaan Rasulullah?”

“Ia baik-baik saja. Tidak terluka sedikitpun.”

“Ada di mana ia sekarang?” tanya Abu Bakar.

“Di rumah Al-Arqom.”

Dengan susah payah Abu Bakar berusaha duduk. “Aku bersumpah tidak mau makan dan minum kecuali kalian pertemukan aku dengan Rasulullah,” ujarnya.

Ummu Al-Khair dan Ummu Jamil tak berhasil membujuk Abu Bakar agar ia memperhatikan tubuhnya yang masih lemah. Mereka berdua akhirnya memapah Abu Bakar menemui Rasulullah.

Fakta Abdurrahman bin Auf:, Utsman bin Affan, Al-Qamah, Nabi Khidir, Uzair, Umar bin Khattab, ﷺ, Abu Hurairah, Ali bin Abi Thalib, Ali bin Abi Thalib, Nabi Isa, Umar bin Khattab, Keutamaan Imam Hasan dan Imam Husein, Nabi Yusuf, umar bin khatthab, Utsman bin Affan,, Shalat Jenazah Rasulullah, Abu Thalib, Abu Bakar Ash-Shiddiq, Fakta Hijrah Nabi, Miqdad bin Amr, Jabalah bin al-Iham, Sejarah Bulan Syawal, bilal bin rabah, Fakta Umar bin Khattab, Umar bin Abdul Azis, Umar bin, Utsman bin Affan, Nabi Daud, pasar,, Nabi Musa, Ali bin Abi Thalib, Nabi Musa, Abu Bakar
Foto: Pinterest

Rasulullah terharu melihat kondisi Abu Bakar. Rasulullah seketika mendekat dan menciumnya.

BACA JUGA: Abu Bakar ketika Hijrah

“Aku tidak apa-apa, Rasulullah,” kata Abu Bakar dengan susah payah, “hanya saja wajahku agak lebam.”

“Ini ibuku, ” kata Abu Bakar, kemudian seraya memperkenalkan, “orang yang membaktikan diri untuk anaknya. Engkau manusia penuh berkah, doakanlah Ibuku agar Allah menyelamatkannya dari neraka.”

Rasulullah pun berdoa.

Sementara, Ummu Al-Khair merasakan ada cahaya keimanan yang merasuki hati, melihat persahabatan yang menakjubkan antara anaknya dengan Rasulullah.

Mereka tinggal bersama Rasulullah di rumah itu selama sebulan. Semuanya berjumlah 39 orang.

Hamzah bin Abdul Muthalib masuk Islam di hari ketika Abu Bakar disiksa dan dipukuli oleh kaum musyrik Makkah. []

SUMBER: PUSAT STUDI ISLAM

 

Source link

--Advertisements--
SebelumnyaKapan Waktu Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum’at?SesudahnyaHukum Istri Tidak Digauli Oleh Suami Selama 1 Tahun
No Comments

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luas Bangunan2230
Tahun Berdiri838 H / 1418 M