Sanggabuana Bersholawat

Dkmasq,

Ngarumat Jagat Sanggabuana Karawang yang merupakan acara sukuran warga di sekitar lereng gunung sanggabuana kecamatan Tegal Waru Kab. Karawang.

ngarumat jagat sanggabuana
Drs. Acep Jamhuri, M.Si. membuka acara Ngarumat Jagat Sanggabuana

Gunung Sanggabuana merupakan wilayah selatan Karawang yang berbatasan dengan kab. Purwakarta, Cianjur dan Bogor.

Pelestarian Kearipan lokal (local wishdom) karawang di inisiasi oleh LSM Lodaya dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah kabupaten Karawang.

Prosesi Ngarumat Jagat Sanggabuana di isi dengan ritual Arak Dongdang (hasil bumi) yang di sedekahkan bagi warga sekitar.

Dan ritual Rajah yang berisi sholawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Serta petuah atau nasehat kehidupan untuk menjaga dan melestarikan alam yang merupakan anugerah dari Allah SWT.

Drs. Acep Jamhuri, M.Si selaku wakil dari pemerintahan Kab. Karawang menyerahkan satu ekor kerbau putih untuk disedekahkan kepada warga sekitar yang mengikuti pesta rakyat ini.

“Pemda dalam hal ini Ibu Bupati sangat mendukung kegiatan budaya seperti ini, imbasnya dapat memberikan dampak langsung terhadap perekonomian di karawang selatan, dan berkembangnya destinasi wisata budaya ke Sanggabuana”. ucap Acep Jamhuri.

Antusias warga sangat besar sekali, dilihat dari banyaknya peserta dan wisatawan lokal turut serta dalam acara ini.

ngarumat jagat sanggabuana
Prosesi ngarumat jagat sanggabuana

Sementara itu Nace Permana, selaku ketua pelaksana dan juga Pupuhu LSM Lodaya mengungkapkan bahwa acara ini terselenggara berkat dukungan warga serta stakeholder terkait.

“Sadar adat budaya dari masyarakat karawang dalam melestarikan budaya dan kearipan lokal tentunya harus terus di tumbuh-kembangkan, karena berdampak positif ke berbagai aspek kehidupan terutama ekonomi” imbuhnya.

Pelaksanaan acara ngarumat jagat sanggabuana ini dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 24 maret 2022.

Diisi berbagai acara kesenian tradisional masyarakat karawang seperti wayang golek, tari jaipong, lodaya percussion, sanggabuana bersholawat serta booth dari UMKM karawang.

ngarumat jagat sanggabuana
Drs. Acep jamhuri dan Nace Permana, SE., S.I.Kom melantik pengurus Komunitas lengser Karawang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Gema Ramadhan 1443H

Wed Apr 6 , 2022
Dkmasq, Menyambut bulan suci ramadhan 1443 H, Dewan Kemakmuran Masjid Agung Syekh Quro Karawang menggelar Gema Ramadhan 1443H dengan berbagai kegiatan diantaranya ; Kultum ba’da zuhur, Takjil dan buka puasa bersama, Shalat tarawih, Tadarus Al-Quran, Tawasul dan zikir bersama (setiap malam Jum’at), Nuzulul Quran, Itikaf bersama 21-31 ramadhan, Sholat Qiyamullail […]
Ramadhan kareem 1443H